Cara Meracik Miled Untuk Pakan Burung

Cara Meracik Miled Untuk Pakan  Burung  
Cara Meracik Miled Untuk Pakan  Burung . Dalam postingan kali ini kami akan berbagi cara meracik milet sebagai pengganti makanan burung pemakan biji-bijian seperti burung kenari, parkit, finch, dan lovebird  yang sangat  menyukai pakan jenis ini. Pakan milet racikan ini sebenarnya sudah lama dikenal oleh kalangan para penggemar burung di mancanegara,karena pakan ini memang biasa digunakan untuk para penangkar burung-burung, khususnya burung pemakan biji-bijian. Untuk itu akan kami sajikan bagaimana cara membuat milet racikan untuk burung pemakan biji-bijian yang memiliki kandungan protein dan nutrisi lainnya. Kita simak uraian di bawah ini.

"pakan burung"

Persiapkan bahanya terlebih dahulu sebagai berikut :
Milet, dengan takaran sesuai dengan kebutuhan
Beberapa telur ayam
Beberapa buah tulang sotong

Baca artikel lainnya:
Cara membuat milet racikan :
Milet ini sebelum digunakan sebaiknya dikeringkan terlebih dulu, fungsinya agar kulit kerasnya dapat menyerap ke bahan-bahan pakan lainnya dan akan masuk kedalam bijian tersebut. Dalam pengeringan bisa dilakukan dengan dijemur di bawah terik matahari selama beberapa jam, bisa juga menggunakan oven listrik dengan suhu sekitar 150 derajat celcius kemudian panggang selama 3-5 menit.
"milet"

Setelah kulitnya kering, milet ini sudah menyerap bahan-bahan pakan yang dicampur bersamanya. Sebab itu, setelah kering milet disimpan dalam mangkuk atau piring sambil menunggu proses pengolahan bahan lainnya.

"milet1"

Saat ini akan kita cuci telur dengan air yang bersih. Kemudian kita pecahkan dan kumpulkan isinya dalam satru wadah ataupun mangkuk. Kita aduk semua bagian telur bercampur secara merata.

"milet2"

Semua kulit telur atau cangkang tidak perlu dibuang, tetapi kita kumpulkan dan dikeringkan dengan cara dipanggang dalam oven selama beberapa menit.  Setelah kering cangkang telur tadi diblender menjadi tepung.
"milet3"

Siapkan tulang sotong, lalu ambil bagian tengah yang berwarna putih, kemudian blender hingga menjadi tepung. Untuk kulit tulang sotong yang keras kita buang saja. Campurkan semua adonan yaitu bubuk cangkang telur dan bubuk tulang sotong ke dalam adonan telur yang sebelumnya sudah disiapkan, kemudian aduk hingga semua bahan tercampur merata.

"milet4"

Semua adonan dicampur kedalam mitet, aduk hingga tercampur merata,kemudian keringkan milet dengan cara diangin-anginkan,sampai semua bahan menyerap kedalam seluruh biji milet.Setelah kering, milet racikan berprote ini sudah dapat di berikan pada burung piaraan anda. Pakan milet racikan ini sangat baik digunakan pada saat musim penghujan, serta dapat membantu burung yang sedang mengalami masa pergantian bulu atau mabung.

Demikianlah postingan kali ini yang kami ambil dari bebagai sumber  media online, namun tentu saja kami sudah mencoba membuatnya sendiri dan hasilnya cukup diminati oleh burung lovebird  piaraan penulis sendiri dirumah. Semoga bermanfaat  untuk semuanya.